BOOKS

DARI ARTIKEL KE BUKU

Menulis telah menjadi bagian dari hidup. Sebuah ‘profesi’ yang sudah dimulai sejak tahun 2001 secara intens. Meski agak terlambat (seumur Yesus saat berkarya, malah lebih) karena baru saat berumur 33 tahun. Artikel di berbagai media massa dan media cetak merupakan bukti karya yang telah menjadi bagian dari hidup.

Di usia 40an (tepatnya 48 tahun), muncul pemikiran baru untuk beralih dari ‘artikel’ ke ‘buku’. Sebuah pengalaman baru yang sekali lagi terlambat. Tetapi ketika muncul, ia seakan tidak bisa terbendunglagi.

Awalnya ikut menulis buku bersama penulis lain. Buku di Kompas: TENTANG NATAL DAN PERDAMAIAN, buku SI JAGUR dan BUKU 90 TAHUN PATER ALEX BEDING, merupakan langkah yang tidak bisa dilupakan.

Buku pertama yang diproses pada Agustus 2016 dengan mendapat kabar persetujuan pada Oktober 2016, dan terbit pada Desember 2016 merupakan langkah strategis. HOMILI YANG MEMBUMI menjadi karya pertama yang sekaligus menjadi awal dari serangkaian buku.

Setelah buku yang secara resmi hadir pada Januari 2017, segera diikuti dengan buku kedua pada Februari 2017. Buku BERBUAH DI USIA SENJA dengan segera mendapat persetujuan dari Penerbit Kanisius. Meski demikian proses penerbitan harus menunggu antrian. Pada bulan Juni, buku itu baru diproses dan menunggu terbit pada bulan Juli – Agustus 2017.

Buku yang paling cepat diproses adalah MENJADI FASILITATOR, Menarik, Efektif, dan Aktual, merupakan buku tercepat yang saya tulis: hanya dalam 2 hari. Hasil dari proses memberikan Workshop di Paroki St. Fransiskus Xaverius Tanjung Priok ini sangat cepat ditulis dan sangat cepat diterima. Kurang dari 1 minggu, buku itu disetujui.

Karya keempat juga merupakan hasil wokrshop di Paroki Santa Maria Regina Bintaro. Workshop yang berjudul CREATIVE TEACHING, Mengajar mengikuti Kemauan Otak ini akhirnya mendapatkan penerbit yang selama ini menjadi incaran: GRAMEDIA – GRASINDO. Buku ini lagi dalam proses. Terimakasih atas dukungan pembaca. Tanpa pembaca, penulis hanya bisa berangan.