BIRO KONSULTASI


Anakku belum Tahu Baca……..Mbak Merry, saya adalah Ibu yang sangat prihatin. Anak saya sudah berumur 5,5 tahun. Dia sudah saya masukkan di Play Group dan hingga kini berada di TK. Melihat teman-temannya yang sudah ‘lincah’ baca, saya jadi prihatian. Anak saya kog belum tahu baca? Saya juga sudah ‘lesin’ biar cepat, tetap tetap tidak majur. Saya malu dengan ibu-ibu lain yang anaknya sudah ‘pintar-pintar’.(Ibu Anissa).

Jawaban

ANCOL 176Bu Anissa, pengalaman ibu bukan miliki ibu sendiri. Begitu banyak ibu yang punya pengalaman serupa. Mereka cemas, anaknya belum tahu membaca. Tetapi apakah kecemasan itu beralasan? Ternyata inilah kesalahpahaman yang tidak kita sadari. Anak berumur di bawah lima tahun, berada pada masa bermain. Mereka bermain dengan mempermainkan sesuatu yang konkrit. Belajar membaca itu sudah langkah lebih maju yang sebenarnya tidak kita peruntukkan bagi anak.

Untuk Ibu Anissa, sebenarnya ibu harus bangga. Ibu bangga karena anak ingin bermain sepuas-puasnya. Ia adalah landasan yang kuat untuk dia menjadi seorang pembelajar kemudian. Jangan cemas bu…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s